Articles

Tips Mencuci Pakaian dengan Tangan agar Pakaian Bersih dan Awet

Mesin cuci mungkin bisa menjadi pilihan untuk membantumu mencuci pakaian. Namun, beberapa jenis kain tak bisa dicuci dengan mesin.

Selain bahan kain, pakaian yang memiliki payet renda halus, kulit, bulu, atau pinggiran juga direkomendasikan untuk dicuci dengan menggunakan tangan. Berikut ini bisa menjadi panduan untuk kamu.

Alat dan bahan

  • Bak cuci atau baskom
  • Pemutih atau penghilang noda
  • Detergen, detergen pencuci piring, atau sabun colek
  • Tali jemuran, atau gantungan baju

 

1. Pisahkan pakaian berdasarkan kain, warna, atau ukuran

Jika kamu mencuci beberapa pakaian dengan tangan, pertimbangkan apakah kamu perlu mencucinya sendiri atau apakah pakaian bisa digabungkan dengan yang lain di bak mandi. Cuci sendiri apa pun yang diwarnai dengan warna cerah atau gelap untuk menghindari lunturnya warna pada kain lain.

Hindari untuk mencuci denim yang berat bersamaan dengan kain wol dan sutra halus atau sintetis tipis. Kamu bisa mencuci pakaian dalam dan kaos kaki secara bersamaan.

2. Bersihkan noda

Jika pakaianmu bernoda, langkah pertama sebelum benar-benar mencucinya adalah mengatasi bekas noda dengan penghilang noda cucian.

 

3. Pilih bak cuci

Jika hanya mencuci beberapa potong pakaian dalam, wastafel kamar mandi mungkin cukup besar, tetapi beban yang lebih besar akan membawa wastafel dapur atau bak mandi untuk pencucian yang menyeluruh. Wadah apa pun yang kamu pilih, harus bersih dan bebas dari sisa makanan, buih sabun, atau grunge lainnya.

4. Isi baskom dan tambahkan detergen

Isi bak cuci dengan air dingin hingga. Kamu membutuhkan air yang cukup untuk merendam semua kain. Saat air telah mengisi bak cuci, tambahkan detergen.

5. Rendam cucian

Tambahkan cucian kotor ke bak mandi, lalu putar dan uleni kain sampai benar-benar terendam dan meresap. Gerakkan tanganmu ke atas dan ke bawah dan putar pakaian dengan lembut dari satu sisi ke sisi lain, tetapi jangan terlalu kasar. Hindari menarik atau meregangkan berlebihan, kemudian, diamkan dan rendam selama 30 menit.

6. Saatnya membilas

Kuras ember atau bak cuci. Gunakan tangan untuk menguleni pakaian selama satu menit atau lebih dan ulangi prosesnya. Bergantung pada ketebalan kain dan ukuran pakaian, mungkin diperlukan beberapa kali pengulangan langkah bilas sebelum semua detergen hilang dari kain.

7. Peras airnya

Setelah semua detergen dan busa hilang, tekan dan remas kain untuk menghilangkan air sebanyak mungkin. Namun, jangan memuntir, menarik, atau meremas kain basah karena dapat merobek bahan yang halus.

 

8. Keringkan pakaian dengan benar, tergantung pada kainnya

Sekarang saatnya membiarkan pakaian yang dicuci dengan tangan mengering. Gantung pakaian yang ringan, seperti pakaian dalam, serta kain tenun yang kokoh seperti kemeja katun, di tali jemuran, rak pengering, atau gantungan, dengan beberapa goyangan pada setiap pakaian untuk menghilangkan kerutan.

Pakaian berat, seperti denim, atau pakaian rajutan seperti sweater harus diletakkan pada permukaan yang rata agar kering. Selain itu, tidak menggantung pakaian jenis rajutan dan denim akan membuat pakaian tetap pada bentuknya setelah kering.

 

 

Buat kamu nih yang lagi mencari  deterjen yang berkualitas untuk mencuci baju keluarga kamu harus coba nih mencuci baju dengan Talas Detergen Flower Shower. Diperkaya formula yang efektif menghilangkan noda pada pakaian hingga ke serat-serat terkecil pakaian, memiliki aroma yang fresh, lembut ditangan dan tidak merusak warna dan bahan pada pakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *