Articles

Menghilangkan Noda Minuman yang Tumpah di Jok Mobil

Salah satu bagian mobil yang sering luput dari perhatian adalah jok mobil. Padahal semua tahu kalau jok mobil adalah salah satu bagian interior yang penting untuk dijaga dan dirawat agar penampilannya tetap indah dan pastinya nyaman untuk digunakan. Yang jadi masalah kadang bukan karena kemalasan si pemiliki. tapi tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan jok mobil. Kalau kotoran atau noda yang menempel di jok berupa debu, bisa hanya dengan menggunakan mesin penyedot debu. Tapi untuk noda-noda lain seperti noda minuman mungkin banyak yang tidak tahu bagaimana mengatasinya.

Sebelum Kamu membawanya ke car wash / detailing, ada baiknya Kamu coba dulu lakukan sendiri menghilangkan noda minuman yang tumpah di jok mobil dan sudah mengering. Kamu bisa berhemat puluhan ribu rupiah yang bisa Kamu gunakan untuk keperluan lain. Berikut cara yang bisa Kamu lakukan:

1. Memperhatikan bahan jok yang Kamu miliki

Hal pertama yang perlu Kamu ketahui, ketika akan membersihkan noda minuman yang tumpah di jok mobil dan sudah mengering adalah bahan jok mobil itu sendiri. Kamu perlu memperhatikan apakah job mobil Kamu menggunakan bahan kain tenun, bahan vinil, bahan kulit, bahan beludru, dan lain-lain. Masing-masing bahan mempunyai teknik perawatan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, bahan yang digunakan untuk membersihkan noda tersebut juga jadi berbeda.

Misalnya saja Kamu menggunakan jok berbahan tenun, maka Kamu dapat mengatasi noda dengan menggunakan cairan pencuci piring. Cairan tersebut akan dicampur dengan sedikit air, dan dimasukkan ke dalam alat semprot. Berikutnya semprotkan cairan tersebut, pada jok kain Kamu.

Lain halnya jika Kamu menggunakan jok berbahan Vinil, maka Kamu dapat menggunakan soda. Campurkan soda dengan sedikit air, lalu aplikasikan pada noda. Demikian pula dengan jenis bahan jok lainnya.

2. Perhatikan jenis minuman tersebut

Hal lain yang dapat Kamu perhatikan adalah jenis noda atau jenis minuman yang tumpah pada jok mobil tersebut. Apakah Kamu menumpahkan minuman jenis jus, kopi, anggur atau jenis minuman lainnya, masing-masing jenis minuman tersebut mempunyai teknik atau penanganan yang sedikit berbeda.

3. Pilih bahan tepat untuk mengatasinya

Hal berikutnya yang dapat Kamu lakukan adalah memilih bahan atau alat yang tepat untuk mengatasi noda membandel tersebut. Misalnya Kamu akan menggunakan bahan kimia yang biasanya dijual di toko aksesoris mobil atau di supermarket. Atau Kamu dapat menggunakan bahan pembersih yang ada di dalam rumah. Masing-masing bahan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kamu dalam hal ini, perlu memperhatikan dengan baik, aturan pakai, dan masalah noda yang dihadapi. Agar jok mobil tidak rusak, dan noda pun hilang dengan sempurna.

Dalam hal ini Kamu dapat mencari tahu, berdasarkan jenis bahan jok, dan juga jenis noda minuman yang menempel pada jok itu sendiri.

4. Siapkan alat dan bahan pembersih

Berikutnya siapkan alat dan bahan pembersih yang akan digunakan. Kali ini Kamu akan memerlukan lap bersih basah, lap kering, botol spray yang berisi cairan pembersih, handuk kertas, dan alat penggosok (seperti sikat gigi bekas, alat lap bersih kasar).

5. Mulai membersihkan

Cara membersihkannya juga cukup sederhana. Pertama-tama buat, noda minuman yang sudah mengering tersebut sedikit basah, dengan meletakkan lap basah bersih d atasnya. Setelah dirasa cukup basah, semprotkan cairan pembersih, dan gosok menggunakan alat penggosok yang ada. Gosok hingga noda membandel hilang. Setelah menghilang, berikutnya keringkan menggunakan lap kering. Lakukan hal ini hingga jok benar-benar kering.

Jika Kamu ingin lebh cepat, tidak ada salahnya menggunakan mesin pengering ramput. Letakkan beberapa sentimeter di atas bekas noda, dan keringkan. Hal ini dilakukan agar jok tidak gosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *