Articles

3 Cara Mengatasi Cat Mobil Pudar Karena Matahari

Cover Photo Mobil Kuno

Kalau kamu sering beraktifitas di luar, pasti sering namanya berhadapan dengan terik matahari di siang hari. Kulit kusam, gelap, atau bahkan kanker menjadi bahaya yang akan kamu hadapi. Begitu juga halnya dengan mobil atau motormu.

Cat yang pudar juga menjadi problem yang dihadapi mobil, terutama untuk yang selalu menyimpan mobilnya tanpa atap atau di luar garasi. Mengapa begitu?

Dalam terik matahari, terdapat sinar Ultraviolet (UV) yang menyebabkan kerusakan pada pigmen yang terdapat pada cat mobilmu sehingga menimbulkan efek pudar. Namun begitu, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi efek sinar matahari pada cat mobil?

1.    Mencuci Mobilmu Secara Rutin

Mencuci Mobil Secara Rutin untuk Menjaga Kebersihan

Credit: Pixabay

Faktanya, kotoran yang sering menempel pada mobilmu, ternyata bukan hal sepele loh. Debu, lumpur, bahkan kotoran burung mempunyai kandungan asam dan garam di dalamnya yang dapat mengikis top coat atau lapisan pelindung cat pada mobil kamu. Ini akan menyebabkan paparan sinar matahari langsung ke lapisan cat mobilmu sehingga akan lebih cepat pudar.

Dengan mencuci mobilmu dua minggu sekali, kamu dapat menghindari pudarnya warna cat kamu. Selain itu, mobil kamu juga akan terlihat lebih bersih dan mengkilap. Solusi yang baik, bukan?

2.    Parkir di Tempat Yang Tertutup

Memasukkan Mobilmu dalam Garasi untuk Menghindari Paparan Matahari Langsung

Credit: Unsplash

Menghindari paparan langsung sinar matahari akan sangat membantu kamu dalam merawat warna cat mobilmu. Biasakan parkir di tempat yang tertutup, seperti garasi, kanopi, atau bahkan di bawah bayangan pohon. Sarung body mobil juga bisa menjad pilihan jika tempat di sekitarmu cukup terbatas.

3.    Gunakan Coating Pada Mobilmu

Aplikasikan Talas Semi Nano Coating Untuk Melindungi Warna Mobil Anda

Credit: Autostimulusplan

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa mobil kamu dilapisi top coat untuk memperpanjang umur warna catnya. Lapisan tersebut akan terkikis seiring dengan berjalannya waktu. Namun kamu bisa memperbarui lapisan pelindung ini.

Kamu bisa cari coating body mobil atau motor di bengkel atau tempat auto detailing khusus untuk perawatannya. Memang lebih mahal, namun akan sangat bermanfaat pada jangka panjang.

Atau kamu bisa mengaplikasikan coating di rumahmu sendiri dengan Talas Semi Nano Coating untuk menghemat pengeluaranmu. Talas Semi Nano Coating akan memberikan perlindungan hinga 3-8 bulan ke depan. Lebih baik mencegah daripada mengobati, begitu kata pepatah.

Kesimpulan

Nah, tiga langkah di atas ini bisa kamu terapkan untuk menjaga look dari mobilmu agar tampil lebih baik. Siapa yang mau mobilnya terlihat tua dan tidak terurus? Namun, bila cat mobilmu sudah terlanjur pudar, kamu dapat menggunakan Talas Back to Black untuk memulihkan warna hitam mewah mobilmu, sebelum kamu aplikasikan Semi Nano Coating untuk mempertahankan warnanya. Sekarang, apa kamu siap menjaga warna mobilmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *