Articles

9 Tips Jitu Menaikan Harga Jual Mobil Kamu

Menaikan harga jual mobil bisa dilakukan lho!

Pada suatu titik, mungkin kamu ingin menjual kembali mobil kamu. Entah ingin mendapat uang segar atau ingin mengganti mobil baru. Namun pasti yang pertama terlintas di pikiranmu adalah, berapa jumlah uang yang bisa kamu dapat dari menjual mobilmu?

Apa itu Harga Jual Mobil dan apa yang mempengaruhinya?

Harga jual mobil adalah nilai jual sebuah mobil pada saat dijual dengan kondisi tersebut. Selain faktor kemauan pembeli dan pergerakan pasar, yang tidak bisa kita kendalikan, ada beberapa faktor lainnya yang bisa mempengaruhi harga jual mobil kamu. 

Merek mobil dan tipe mobil menjadi faktor yang cukup besar sebagai patokan awal harga mobil tersebut. Mobil mewah dan SUV biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan mobil tipe lainnya. 

Selain itu umur dan kilometer mobil juga turut menjadi pertimbangan sebagai tolak ukur pemakaian dan kondisi mobil, walaupun histori servis dan asuransi mobil juga menjadi pertimbangan lain. Tampilan dan keadaan mobil juga mempunyai peran penting.

Namun begitu, walaupun mobilmu bukan mobil mahal, kamu tetap bisa menaikan harga jual mobil kamu lho. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan? 

Servis mobil secara berkala

Kadangkala kita lupa servis dan mengganti oli mobil kita. Namun jika kamu ingin menaikan harga jual mobil kamu di masa depan, servis berkala sangatlah penting. Kondisi mobil yang baik akan sangat mempengaruhi uang yang bisa kamu dapatkan. Mengganti oli dan ban serta mengecek rem dan kopling secara berkala menjadi wajib saat kamu berencana merawat mobilmu. 

Simpan dokumen dan struk servis mobilmu

Selain melakukan servis secara berkala, menyimpan catatan dan histori servis mobil kamu tidak kalah pentingnya. Pertanyaan mengenai servis dan kondisi mobil kamu sebelumnya akan menjadi tolak ukur harga jual mobil kamu. Dengan adanya bukti servis, kamu bisa menunjukkan bahwa mobil kamu selalu diservis secara berkala dan tidak ada kondisi yang dapat merugikan calon pembeli ke depannya. 

Selain itu, simpan baik-baik dokumen dan bukti kepemilikan mobil kamu, seperti BPKB. 

Berkendara dengan baik

Selalu kendarai mobilmu dengan hati-hati. Sedikit baret atau lecet saja bisa mempengaruhi harga jual mobil kamu cukup dalam. Prioritaskan keselamatan dirimu dan mobilmu saat menyetir, hindari mengebut dan selalu perhatikan sekitarmu. Saat musim hujan, kamu harus selalu ekstra hati-hati 

Baca juga: Tips Berkendara Saat Musim Hujan 

Apabila mobil kamu memiliki lecet dan baret, pada bodynya kamu bisa menggunakan compound untuk menambalnya, seperti Talas Compound. Setelahnya kamu bisa menggunakan Talas Black to Black agar bekas tambal compound hilang dan mobil kamu terlihat mulus seperti baru. 

 

Buat mobilmu berkilap seperti baru

Faktanya mobil yang sudah berumur tidak bisa terlihat seperti baru keluar dari pabrik. Apakah benar? 

Tentu saja tidak. Ada beberapa faktor yang memengaruhi looks atau tampilan dari sebuah mobil. Cat mobil yang pudar menjadi salah satunya, yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan kotoran yang menumpuk seiring berjalannya waktu. 

Baca lebih lanjut: 3 Cara Mengatasi Cat Mobil Pudar 

Kamu bisa membawa mobil kamu ke auto detailing agar mobil kamu dipermak kembali seperti baru. Tapi kalau kamu merasa budget kamu terbatas atau kamu ingin yang praktis, kamu bisa lho detailing mobil kamu di rumah sendiri. 

Pertama-tama, kamu bisa gunakan Talas Compound untuk menutup dan menambal baret serta lecet pada body mobilmu. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Talas Nano Sealent Coating untuk melindungi body mobilmu dari baret, kotoran, dan noda lainnya. Terakhir, kamu bisa gunakan Talas Flawless Shine agar mobilmu terlihat lebih shiny seperti baru, ditambah dengan efek daun talas agar air langsung turun dan tidak menempel pada body mobilmu. 

Lakukan perawatan ini setiap 6 bulan sekali agar kamu selalu mendapatkan proteksi yang maksimal.

 

Bersihkan interior mobil secara berkala

Kopi yang tumpah di jok, remah remah roti di karpet mobil, atau bahkan muntah anak bayi bagi yang sudah berkeluarga, kadang bisa saja terjadi. Tentu ini akan berdampak pada nilai jual mobil kamu, mulai dari noda bekas tumpahan di jok, karpet yang kotor, sampai pada bau tidak sedap yang menempel dan tak kunjung hilang. 

Selain kamu bisa membawa mobil kamu untuk dicuci dan dibersihkan di tempat cuci terdekat, kamu bisa melakukannya sendiri. Dengan berbekal Talas Portable Vacuum Cleaner dan Talas Simple Interior Cleaner kamu bisa membersihkan jok, karpet, dan dashbor mobilmu dari noda dan remah-remah menganggu. Kamu juga bisa menyimpan kedua alat ini di mobilmu untuk saat-saat ‘darurat’. 

Sebagai bonus, kamu juga bisa menggunakan Talas Back to Black untuk mengembalikan warna hitam dan kilau dashboard dan juga interior mobil kamu yang berwarna hitam. 

 

Rawat kaca dan jendela mobil

Kaca depan sebagai sarana penglihatan saat menyetir akan menjadi salah satu faktor yang turut menentukan harga jual mobil kamu. Memang terlihat sepele, namun baret kecil atau kaca yang berjamur akan menjadi nilai negatif dalam penilaian mobil kamu. 

Kamu bisa menggunakan Talas Nano Glass Guard untuk melindungi kaca depan mobil kamu dengan memberikan lapisan pelindung nano coating di atasnya. Nano Glass Guard juga akan menghambat pertumbuhan jamur dan penumpukan kotoran, dan memberikan efek hydrophobic atau daun talas pada kacamu agar air turun dan tidak menempel. Sebuah nilai plus untuk calon pembeli mobil kamu. 

 

Periksa mobil sebelum dijual

Cek mobil kamu ke bengkel langganan untuk dicek secara keseluruhan terlebih dahulu. Selain kamu bisa menservis mobil kamu dari kerusakan yang tidak terlihat, kamu juga bisa mendapat gambaran harga jual dengan kondisi mobil kamu saat ini. 

Sebaiknya kamu menyerahkan mobil kamu dengan montir yang kamu percaya agar kamu mendapat servis dan penilaian yang kredibel untuk menjadi pegangan kamu ke depannya saat ditanya calon pembeli mengenai keadaan mobil kamu. 

Upgrade mobil kamu

Selain itu, kamu bisa mencoba mengupgrade mobil kamu untuk memberikan nilai jual lebih, terutama jika mobilmu tipe ‘standard’. Namun perlu diingat, tidak semua fitur akan menaikan harga jual, tergantung dengan keinginan calon pembeli dan keadaan pasar saat kamu menjual mobil kamu. 

Fitur seperti kamera serep, sound system custom beserta TV, navigasi GPS dapat menaikan harga jual mobil kamu. Namun sebaliknya fitur seperti lampu kerlap-kerlip, jendela gelap, atau sirine malah bisa menjadi nilai negatif. 

Tonjolkan sisi positif

Semua perbaikan dan fitur dari mobil kamu tidak akan dilirik calon pembeli kalau kamu tidak menonjolkannya, terutama jika kamu mengiklankannya di platform online. Apa faktor yang menyebabkan orang akan membeli mobilmu dibandingkan dengan mobil sejenis lainnya?

Tunjukkan histori perawatan dan foto mulusnya mobil kamu, serta fitur khusus yang ada di mobil kamu, seperti sound system custom, GPS navigasi, cruise control. Kadangkala calon pembeli menginginkan beberapa fitur yang memang direquest oleh mereka.

 

Menyetir mobil dengan hati-hati dan menjaganya dengan baik akan meningkatkan nilai jual mobilmu dengan sendirinya

Penutup

Menaikan harga jual mobil ialah sebuah investasi jangka panjang. Jika kamu perhatian dalam merawat mobil kamu, otomatis mobil kamu akan berada dalam kondisi yang lebih ‘fit’ pada saat kamu berniat menjualnya. Selain itu, cukup penting untuk mencari tahu harga pasaran mobil second dengan merk dan tipe seperti mobil kamu sebagai gambaran mengenai harga jual mobil kamu. Namun begitu kamu tetap bisa menaikan harga jual mobil kamu dengan mengikuti tips di atas. 

Selalu rawat mobil kamu dengan peralatan yang tepat, Talas Autocare memberikan proteksi dan perawatan maksimal untuk mobil kamu. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *