Articles

Bagaimana Cara Memilih Ukuran Sepatu yang Tepat Saat Belanja Online?

Sepatu dengan ukuran yang tepat sangat penting untuk kesehatan kakimu, simak mengapa yuk!

Pernahkah kamu sedang scroll barang di Shopee, lalu tiba-tiba menemukan sepatu yang terlihat wow. Lihat-lihat lagi deskripsi dan ukurannya, dan tanya-tanya dengan sellernya. Tapi, ada keraguan di dalam hatimu kalau-kalau sepatu wow itu tidak cocok di kakimu. Kamu bukan satu-satunya yang merasa bingung dengan ukuran sepatu dan kakimu. 

American Orthopaedic Association mengadakan sebuah survey, dan menemukan bahwa kebanyakan wanita membeli sepatu dengan ukuran yang kurang cocok dengan kaki mereka. Tapi hanya sedikit yang mengira kalau mereka membeli sepatu dengan ukuran yang kurang pas. Banyak yang hanya melihat trend style dan merek sepatu yang dibeli, tanpa mempertimbangkan apabila cocok dengan kaki mereka. 

Hal ini semakin diperparah oleh toko yang terus go online, terutama di situasi pandemi seperti ini. Kamu yang bisa mencoba sepatu sebelum membeli, tidak mempunyai kesempatan lagi. Hanya review dan deskripsi saja yang kamu punya, yang kadang masih membuatmu ragu. 

Lalu bagaimana cara agar bisa memilih sepatu yang cocok tanpa harus pergi ke tokonya? 

Cek Bentuk dan Ukuran Kakimu

Setiap kaki mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam, bahkan antara kaki kiri dan kanan, ukurannya dapat berbeda. Coba ingat-ingat kembali, kapan terakhir kali kamu mengukur kakimu? Atau malah belum pernah? 

Yuk, kita cek dengan cara mudah ini. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas (ukurannya lebih besar dari kakimu), pensil, penggaris. 

Gambar ukuran telapak kakimu di atas kertas untuk mengukur panjang dan ukuran kakimu

Credit: Dolitashoes 

Langkah 1

Letakkan telapak kakimu di atas kertas A4, di lantai atau di atas meja 

Langkah 2

Garis pinggir kakimu menggunakan pensil di atas kertas A4, agar dapat membentuk telapak kakimu 

Langkah 3

Ukur panjang kakimu dari ujung tumit hingga ke ujung jari kaki terpanjangmu dengan penggaris. Lakukan langkah yang sama dengan telapak kakimu yang lain. Kurangi ½ cm untuk memperhitungkan garis pensilmu. 

Setelah menggambar telapak kakimu, ukur dengan penggaris untuk menentukan nomor sepatu kamu dengan tabel ukuran di bawah ini

Credit: Dolitashoes 

Langkah 4

Bandingkan panjang kakimu dengan tabel di bawah ini. Kebanyakan sepatu di Indonesia mempunyai ukuran EU. 

Tabel di bawah ini bersifat sebagai referensi saja. Terkadang setiap brand mempunyai tabel ukuran masing-masing. Maka dari itu penting mengukur panjang telapak kakimu dalam sentimeter untuk dibandingkan dengan tabel dari brand kamu. 

Tabel Ukuran Sepatu Wanita

Tabel Ukuran Sepatu Pria

Credit: Dolitashoes 

Tabel Ukuran Sepatu Pria

  Tabel Ukuran Sepatu Pria

Credit: Dolitashoes 

Kamu juga dapat menghitung lebar kaki kamu dengan mengukur jarak terlebar telapak kakimu, biasanya terletak di bawah jempol dan kelingking. Lebar kakimu cukup penting, karena beberapa sepatu mempunyai panjang yang cukup, namun cukup sempit saat dipakai. Terutama untuk kamu yang mempunyai kaki lebar. 

Untuk referensi dan tabel secara lengkap, bisa kamu cek di sini ya!

Lengkungan Kaki (Foot Arches) 

Tak kalah penting ialah mengukur lengkungan kaki atau foot arches kamu! Kamu bisa cek dengan menyiapkan kertas A4 dan baskom berisi air. Celupkan telapak kakimu ke dalam baskom air, lalu tempelkan telapakmu di atas kertas. Cap bentuk telapak kakimu bisa kamu bandingkan dengan gambar di bawah. Umumnya, jika kamu bisa melihat 2/3 dari telapak kakimu, kamu mempunyai lengkungan kaki yang normal. 

Lengkungan kaki tidak mempengaruhi nomor atau ukuran sepatu kamu, namun kamu dapat memilih sol yang tebal untuk lengkungkan yang tinggi, dan juga sol yang cukup solid untuk kaki dengan lengkungan yang rata. 

Cek Spek Sepatunya 

Tidak semua sepatu dengan nomor yang sesuai akan cocok dengan kakimu. Selain ukuran sepatu yang menghitung ukuran sol sepatumu, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Lebar, bentuk, ujung, dan material sepatu yang digunakan patut kamu perhatikan. 

Untuk kamu yang mempunyai kaki yang cukup lebar, hindari sepatu dengan ujung lancip. Sepatu ini secara desain cukup sempit, jadi walaupun cukup menarik di mata, kesehatan kakimu juga harus diperhatikan. 

Kalau kedua kakimu mempunyai ukuran yang berbeda, sebaiknya kamu memilih ukuran yang lebih besar. Alangkah baiknya jika kamu bisa membeli dua ukuran yang berbeda jika memungkinkan. 

Bahan sepatu juga perlu kamu pertimbangkan. Bahan seperti kulit, akan cenderung mengerut seiring dengan berjalannya waktu. Berbeda dengan bahan seperti beludru ataupun yang mempunyai busa, yang lambat laun akan kempes dan membuat sepatu lebih longgar.  

Cek Deskripsi dan Review  

Pada deskripsi produk kadang tercantum rekomendasi ukuran yang diberikan oleh penjual, seperti “beli satu ukuran lebih besar dari biasanya”. Atau bisa kamu konsultasikan langsung kepada penjual mengenai ukuran dan karakteristik sepatu kamu. 

Kamu juga dapat double check foto dengan keterangan produk, seperti ukuran, warna, bahan, pada deskripsi, apakah sesuai ataukah ada perbedaan. 

Review juga menjadi sumber pertimbangan yang cukup besar, yaitu pendapat dari orang-orang yang sudah membeli dan mencoba sepatu tersebut. Apa yang menjadi highlight, baik itu positif maupun negatif, dapat kamu highlight sebagai poin pertimbangan lainnya. 

Penutup

Ukuran kaki setiap orang tidaklah konstan, akan tetapi akan dapat berubah setiap waktunya, entah karena kehamilan, olahraga, ataupun perubahan berat badan. Selalu ukur kaki kamu kembali jika kamu merasa tidak nyaman dengan sepatumu atau saat ingin membeli sepatu baru kembali. Perhatikan faktor-faktor selain nomor sepatu agar kamu mendapatkan sepatu dengan ukuran yang optimal dan sesuai dengan kaki kamu. Belanja online bukan berarti tidak bijak bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *