Articles

6 Cara Ampuh Membersihkan Sepatu Dari Bau Tak Sedap

Sepatu Kulit juga butuh perawatan khusus dari bau sepatu

Pernahkah kamu merasa risih ketika melepas sepatu di rumah teman atau pacar kamu? Atau sepatu favorit kamu yang sudah menemani kamu selama bertahun-tahun, sekarang berbau menyengat?

Walaupun kamu sudah berhati-hati agar sepatu kamu tidak basah, dan memakainya di dalam ruang ber-AC, kaki kamu tetap mengeluarkan keringat yang lambat laun akan terserap sepatu kamu. Keringat yang menumpuk ini akan mengundang bakteri yang akan mengurai keringat kamu. Namun saja, bakteri ini juga mengeluarkan bau tak sedap sebagai imbasnya. Ga asyik, kan? 

Tenang aja, untuk setiap masalah pasti selalu ada solusi. Yuk simak dulu! 

1. Keringkan Sepatumu Sehabis Dipakai

Keringkan selalu sepatumu agar terjauh dari bakteri penyebab bau 

Credit: Unsplash 

Pastikan sepatu kamu selalu  dalam keadaan kering. Jika basah karena hujan, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Lap dengan benar permukaan luarnya, lalu kamu bisa gunakan koran atau kertas bekas untuk menyerap keringat di dalam sepatumu. Jemur tanpa terkena sinar matahari langsung dengan shoe tree agar sepatu bebas dari keringat. 

2. Gunakan Sepatu yang Berbeda Setiap Harinya

Sepatu yang berbeda-beda setiap harinya dapat mencegah timbulnya bau tidak sedap dalam sepatu

Credit: Unsplash 

Pasti ada sepatu favorit kamu yang selalu kamu pakai setiap harinya. Namun dengan menggunakannya setiap hari, kamu tidak memberikan kesempatan sepatu kamu untuk bernafas. Jemur sepatu kamu setelah dipakai, dan selalu gunakan kaos kaki agar keringat tidak langsung menempel di sepatumu. 

Usahakan untuk tidak menggunakan sepatu kamu sehari penuh, ini tidak sehat untuk sepatu dan kakimu yang membutuhkan sirkulasi udara. 

3. Taburkan Baking Soda untuk Menyerap Bau 

Baking Soda terbukti ampuh menghilangkan bau tidak sedap serta membersihkan bagian dalam sepatu

Credit: Packhacker

Menabur baking soda merupakan salah satu cara mudah dan murah untuk menghilangkan bau tanpa mencuci sepatu kamu. Ambil dua sendok makan baking soda, lalu taburkan ke dalam sepatu kamu. Diamkan semalaman. Lalu bersihkan dengan menggunakan sikat. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda membandel di dalam sepatu. 

Jika kamu tidak ingin repot, baking soda bisa kamu masukkan ke dalam kaos kaki bekas, lalu diamkan di dalam sepatumu agar tidak tercecer. Kamu bisa lakukan ini setiap selesai memakai sepatu agar efektif dalam jangka panjang. 

4. Kulit Jeruk dan Barang Sehari-hari di Sekitarmu untuk Menyerap Bau

Kulit Jeruk dapat membantu mengatasi bau sepatu secara alami Credit: Unsplash

Selain baking soda, ada banyak barang lain di rumahmu yang bisa membantu kamu mengatasi bau sepatu lho. Seperti kulit jeruk yang kamu bisa letakan di dalam sepatu kamu, dan sebagai bonusnya kamu dapat wangi khas Jeruk dalam sepatu kamu. Kopi bubuk, teh bubuk, atau bahkan pasir kucing kiga mempunyai sifat menyerap kelembaban yang bisa kamu gunakan di saat darurat, atau jika memang kamu ingin bereksperimen. 

5. Semprotkan dan Sterilkan dengan Shoe Refreshener 

 Sepatu juga perlu parfum lho! Talas Shoe Refreshener akan membuat sepatu kamu wangi dan tahan lama

Credit: the-health

Buat yang mager dengan langkah di atas, kamu juga bisa menggunakan shoe refreshener andalanmu. Talas Shoe Refreshener sudah terbukti membantu mengharumkan sepatu dan membunuh bakteri penyebab bau di dalamnya. Selain harum, Talas Shoe Refreshener juga mencegah bakteri tumbuh kembali dengan pemakaian rutin.

Talas Shoe Refreshener terbuat dari bahan alami, jadi buat kamu yang prefer keharuman alami kopi atau stroberi bisa kamu dapatkan di sepatu kamu tanpa perlu repot memotong jeruk setiap harinya. 

6. Cari Sumber Penyebab Bau Tidak Sedap  

Jika semua langkah sudah dilakukan, namun bau tidak sedap belum hilang, mari kita cek penyebab utamanya. 

Kamu bisa cek sol sepatu kamu. Biasanya sol sepatu yang selalu menyerap keringat dan tidak pernah dijemur akan menjadi sarang bakteri sumber bau. Kamu bisa mencoba mengganti sol secara berkala. Selain itu, kamu juga bisa mengecek apakah kaki kamu mudah berkeringat. Ini menjadi salah satu faktor utama penyebab bau sepatu. 

Penutup

Menjaga sepatu dari bau tidak sedap bukan hanya sekedar membersihkannya sesekali saja. Namun kamu harus merawatnya secara rutin dan selalu berusaha menjemurnya setiap hari agar keringat dan bakteri tetap jauh dari sepatumu. Talas Shoe Refreshener dapat membantu kamu dengan praktis dalam perawatan jangka panjang agar sepatu kamu tetap awet dan bebas dari bau tidak sedap. Sekarang kamu tidak perlu illfeel lagi kalau mau melepas sepatu di rumah temanmu. Yuk, cek sepatu kamu sekarang! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *