Articles

Cara Tepat Membuat Sepatu Andalan Lebih Tahan Lama

Untuk membuat usia sepatu tahan lama, cobalah untuk melakukan beberapa tips ini. Sehingga kamu pun tidak perlu mengeluarkan uang lebih lagi untuk membeli sepasang sepatu baru sebagai pengganti sepatu favorit. Ini dia  cara tepat membuat sepatu lebih tahan lama.

Rawat dengan produk perawatan yang sesuai dengan bahan sepatu

Saat memilih sepatu yang paling kamu suka, perhatikan jenis material sepatu tersebut. Kualitas yang paling bagus adalah yang berbahan kulit asli atau bermaterial leather dan bukan sintetis atau patent leather. Untuk membuat sepatu berbahan kulit lebih lama, pilih jenis softer leather yang memang terasa lebih lembut. Dan sediakan selau cream polish yang dapat melapisi kulit sepatu kamu.

Jika bahan kulit pada sepatu cenderung lebih heavy, cobalah pemoles sepatu yang mengandung wax di mana mampu memberi kelembapan lebih lama dibanding pembersih lain. Jika bahan sepatu berupa suede atau bahan lain, tidak ada salahnya untuk mengenakan silicone spray dengan kandungan water-repelling yang sama.

Sedia perekat lining sepatu dan dust bag

Baiknya kamu memperhatikan bagian lining sepatu. Lining sepatu adalah bagian tepi sepatu yang menempel langsung pada kulit kaki. Jika lining dari sepatu sudah mencuat mengarah ke luar, cobalah untuk merekatkannya kembali dengan perekat rubber cement agar lebih tahan lama dan tidak bertambah rusak ketika digunakan kembali.

Kalau memungkinkan, simpanlah sepatu kamu ke dalam dust bags. Terlebih lagi jika jenis sepatu yang dimiliki mempunyai harga yang terbilang fantastis. Handy dust bag akan melindungi sepatu kamu meski berada dalam kotak penyimpanan. Akan lebih disarankan dust bag yang digunakan memiliki bantalan empuk agar melindungi bagian kulit luar sepatu.

Cobalah juga untuk menggunakan shoe horn. Kamu terbilang bermasalah mengenakan sepatu setiap hari? Tanpa disadari, semakin kamu memaksa kaki untuk masuk, semakin bagian belakang tumit dapat berpotensi menjadi cepat rusak dan memperpendek rentang waktu sepatu tersebut.

Pasang shoe tree supaya bentuk toe box tetap sesuai

Sepatu yang terlalu lama teronggok dan jarang digunakan memang kemungkinan akan cenderung lebih cepat merapat pada bagian ujung-ujung jari kakinya.

Untuk itu, penggunaan shoe tree sebagai pembentuk siluet kaki yang ditempatkan pada setiap pasang sepatu akan membuat sepatu lebih mudah bernapas. Terutama untuk sepatu bermaterial kulit. Penggunaan shoe tree dari material kayu akan lebih cepat menyerap keringat ataupun kadar kelembapan pada kulit sepatu serta membuat sepatu jadi lebih tahan lama serta terhindar dari bau yang tidak sedap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *