Articles

Tips Berkendara dengan Aman di Musim Hujan

Menyetir saat hujan harus ekstra hati-hati

Akhir-akhir ini menyetir saat hujan ini sudah menjadi keseharian kita. Bahkan mungkin sudah tak terhindarkan lagi bagi sebagian daerah yang sudah memasuki musim penghujan. Banyak dari kita yang mungkin tidak terlalu tahu menahu mengenai bahaya berkendara saat hujan. Apa saja yang perlu diperhatikan sih agar dapat berkendara dengan aman? 

  • Jaga jarak dengan kendaraan depan: Saat hujan, rem membutuhkan waktu dan jarak yang lebih dibanding biasanya. Jaga jarak kira-kira dua mobil jauhnya untuk memberikan space aman untuk kendaraanmu dan kendaraan di depan. Perhatikan lampu rem kendaraan depanmu agar kamu mereka mengerem mendadak.
  • Hindari truk dan bus: Selain menghalangi pemandangmu ke depan, kamu juga berisiko terkena semprotan air dari ban mereka yang cukup besar. Hindari mereka atau salip dengan hati-hati jika memang diharuskan. 
  • Matikan cruise control: Cruise control membantu kaki agar tidak capek saat menyetir jarak jauh, namun dapat membahayakan saat hujan. Ketika jalanan basah, kita butuh menyetir dengan hati-hati dan melepas pedal gas secara perlahan untuk menurunkan kecepatan, namun ini tidak dapat dilakukan dengan cruise control. Jangan sampai lengah berkendara saat hujan! 
  • Jangan terlalu terburu-buru: Jika sudah terlambat, atau ingin cepat sampai rumah, kadang kita mengebut agar sampai lebih cepat. Namun hati-hati saat hujan menerpa, pelankan laju kendaraanmu agar bisa menjaga jarak dengan kendaraan lainnya dan mempunyai ruang untuk mengerem secara perlahan. Lebih baik sedikit lebih lambat namun tiba di tujuan dengan selamat.
  • Mengerem dengan perlahan: Saat jalanan licin, traksi yang kamu dapatkan saat mengerem akan berkurang, sehingga kamu membutuhkan waktu dan jarak yang lebih dari biasanya untuk mengerem. Jika kamu merasa mobilmu tergelinjir, jangan panik dan rem secara perlahan.
  • Nyalakan lampu depan: Saat hujan, akan sulit melihat pemandangan depan dan sekitar, apalagi ketika hujan deras sekali. Nyalakan lampu untuk membantu kamu melihat ke depan dan memberi sinyal posisi kamu kepada kendaraan lainnya. 
  • Perhatikan keadaan sekitar: Selain memperhatikan kendaraan di sekitarmu, jalanan dan pejalan kaki juga patut diperhatikan. Saat jarak pandang berkurang, detil-detil yang ada di sekitarmu juga akan terlihat kurang jelas. Fokus yang tinggi dibutuhkan untuk menjaga dirimu dan sekitarmu. 
  • Cek dan bersihkan kaca depan: Sebagai sarana pandanganmu selama perjalanan, bersihkan kaca mobilmu dari jamur, lumut, kotoran, dan debu menempel dengan pembersih kaca, seperti Talas Water Spot Remover. Setelahnya kamu bisa lapisi kaca dengan coating agar air tidak menempel di kaca depan saat berkendara, memberikan kamu pandangan yang jernih saat menyetir. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Talas Glass Guard.

 

  • Hindari genangan air: Jika tidak memungkinkan, pelankan kecepatanmu saat melewati kendaraan agar tidak terjadi hydroplaning, kondisi dimana adanya lapisan air di antara ban dan jalanan, dimana kamu tidak mendapat traksi sama sekali sehingga berisiko oleng. Jangan panik dan rem mendadak, pelankan kecepatanmu secara teratur.
  • Cek ban: Ban sangatlah penting, apalagi di musim hujan seperti ini. Cek apakah banmu sudah tipis atau sudah aus/gundul. Ganti segera apabila sudah tidak optimal keadaannya. Pompa banmu dengan tingkatan tekanan yang dianjurkan mobilmu. 
  • Awasi daerah rawan banjir: Cek aplikasi Maps kamu untuk mengecek rute dan menghindari daerah rawan banjir. 

Pesan Terakhir 

Selalu berhati-hati berkendara dalam suasana hujan, tunggu sampai reda jika memungkinkan. Cek kondisi motor dan mobil kamu agar tetap fit dan aman, baik dalam kondisi hujan maupun kering. Talas selalu memberikan perlindungan ekstra untuk kaca kendaraanmu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *