Articles

5 Solusi Membersihkan Sepatu Basah di Musim Hujan

Menjaga sepatu tetap kering menjadi problem yang cukup sulit di musim penghujan ini, terutama untuk kamu yang cukup sering beraktifitas di luar ruangan. Sepatu basah menjadi hal yang tak terhindarkan bagi sebagian orang. Ada sebagian yang menyiasatinya dengan menggunakan sandal atau sepatu cadangan, namun ada saja saat di mana sepatu mau tidak mau basah karena air, entah hujan atau bahkan genangan air.

Jika sepatu sudah basah, biasanya akan timbul bau yang tidak sedap dan juga risiko kerusakan pada sepatu tersebut. Lalu bagaimana cara membersihkan dan merawat sepatu yang basah di musim hujan ini sih? Mari kita lihat solusinya yuk!

1. Keringkan Segera Setelah Digunakan

Hal pertama yang patut dilakukan adalah mengeringkan sepatu terlebih dahulu setelah digunakan. Untuk sepatu yang basah namun tidak terkena lumpur atau kotoran, cukup keringkan dengan lap kering agar permukaan luar bebas dari air. Kamu juga bisa menggunakan kain Microfiber khusus untuk mengeringkan sepatu kamu.

Selain itu, kamu juga dapat mengepal koran bekas untuk dimasukkan ke dalam sepatu. Ini berguna agar sepatu kamu tidak lembab dan menimbulkan bau tak sedap.

Namun jika sepatumu sudah kotor ataupun terkena lumpur, kita lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Cuci dengan Mesin Cuci

Sebelum mencuci sepatu kamu dengan mesin cuci, sebaiknya kamu mengecek label yang ada pada bagian dalam sepatu. Label tersebut dapat memberikan informasi perawatan apa yang bisa kamu berikan.

Hindari sepatu yang berbahan kulit, suede, atau bahan rapuh lainnya. Hindari juga sol yang menggunakan lem, karena jika dicuci akan mengurangi daya rekat lem pada sol tersebut.

Setelah kamu yakin sepatumu dapat dicuci dengan aman, bungkus sepatu kamu dengan laundry bag agar tidak berbenturan satu sama lain dalam mesin cuci. Gunakan air dingin dan detergen khusus agar sepatu tidak rusak.

3. Bersihkan Noda dengan Tangan

Jika tidak yakin membersihkan dengan mesin cuci, kamu masih merawat sepatu kamu dengan tangan kok. Campur 1 sendok makan detergen dengan setengah sendok makan detergen dan setengah sendok makan air. Setelahnya celupkan Brush kamu ke dalam larutan tersebut lalu digosokkan pada noda di sepatumu,

Jika terasa merepotkan, kamu bisa menggunakan Foam Cleaner untuk membersihkan noda membandel dengan menyemprotkannya saja, lalu diamkan 30 detik.

Setelah dibersihkan, lap sepatu dengan kain lap atau Microfiber untuk mengeringkannya.

4. Gantung dan Jemur Sepatu

Jangan pernah keringkan sepatumu dengan mesin pengering atau dryer. Ini akan merusak dan mengerutkan sepatumu. Sebaiknya anginkan saja sepatumu di dalam ruangan agar kering dengan sendirinya dan hindari sinar matahari langsung.

Kamu dapat menggunakan Shoe Tree untuk menggantung sepatumu dan menjaga bentuk dari sepatumu, agar sirkulasi di dalam tetap terjaga dan menjaga bakteri berbau timbul di dalam sepatumu.

5. Lindungi Sepatu dengan Anti-air

Kamu bisa menjaga sepatumu tahan air dengan Water Repellent. Formula ini bekerja dengan membuat lapisan anti-air di atas permukaan sepatu, layaknya daun talas sungguhan. Lapisan ini yang akan bekerja untuk menjaga sepatumu tahan air selama 3 sampai 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *