Articles

5 Cara Merawat Sepatu Futsal, Apa Saja?

 

MERAWAT sepatu futsal merupakan bagian yang penting agar alas kaki khusus terssebut tetap nyaman saat digunakan dan tahan lama. Ada berbagai cara untuk merawat sepatu futsal supaya ssepatu tetap terihat bagus dan tidak mudah rusak. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara merawat sepatu futsal. Berikut lima cara merawat sepatu futsal agar sepatu terus bisa tahan lama dan tetap asyik saat digunakan si kulit bundar.

1. Jangan asal dicuci

Mencuci barang kotor memang baik, tapi jangan salah. Kamu harus tahu bahwa kamu tidak perlu mencuci semua bagian sepatu futsal. Kamu cukup mengelap saja sepatu futsalmu dengan kain basah lalu diteruskan dengan kain kering dan hanya mencuci tali sepatu serta insolenya dengan tangan.

Sepatumu justru akan mudah rusak jika terlalu sering dan lama terkena air. Bersihkan bagian bawah sepatu dengan sikat gigi bekas agar kotoran-kotoran yang menempel atau terselip bisa lepas dan tidak menimbun.

Sebaiknya kamu membersihkan bagian bawah sepatu setiap selesai digunakan.

2. Hindari Kucuran Air

Menggunakan kucuran air saat membersihkan sepatu terlihat lebih mudah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sepatu. Hanya, anggapan tersebut jusrtu bisa membuat sepatu futsal kalian bisa lebih cepat rusak. Tenaga dari kucuran air bisa membuat bahan sepatu futsal Anda lebih mudah terkelupas. Sebaiknya gunakan ember yang sudah diisi air untuk membersihkan sepatu Anda.

3. Jangan dijemur di bawah matahari langsung!

Setelah dibersihkan, cukup angin-anginkan sepatumu. Tidak perlu dijemur lama, apalagi di bawah sinar matahari langsung. Hal itu justru akan merusak sepatumu. Juga, jangan pernah menyimpan sepatu futsalmu di tempat yang bisa terkena matahari langsung.

4. Simpan dengan benar di tempat yang kering dan aman

Simpanlah sepatu futsalmu di tempat yang tidak lembab dengan kondisi sudah dibersihkan dan tali sepatu sudah dilonggarkan. Jika masih ada, tak ada salahnya simpan sepatumu di kotak sepatu. Justru akan melindungi sepatumu dari hewan dan debu dan tidak akan rusak jika tertumpuk sepatu lain.

Juga jangan pernah menyimpan kaos kaki kotor apalagi basah di dalam sepatu. Hal ini bisa menyebabkan bau dan bakteri menyebar di sepatumu.

Satu lagi, kamu tidak perlu menyumpal sepatumu dengan kertas karena hanya akan merusak bentuk sepatumu.

5. Berikan pewangi sepatu secara rutin

Agar sepatumu tetap sehat dan tidak bau, berikan pewangi sepatu secara rutin. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan dan kewangian kaos kakimu, ya!

Itulah tips sederhana untuk merawat sepatu futsal, agar bisa tahan lama dan tetap oke. Jangan malas lagi untuk merawat sepatu andalanmu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *